Menu

Viewing all items for tag sewagaun

Menimbang tiap hari bisa bikin berat badan cepet turun?

Menimbang berat badan setiap hari nampaknya masih menjadi pro-kontra. Sebelumnya, menimbang berat badan tidak direkomendasikan dilakukan setiap hari. Namun penelitian terbaru malah menunjukkan pengaruh positif dari tindakan tersebut. Disebutkan kalau cara itu malah membantu menurunkan berat badan.

 

timbangan
Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan, mereka yang menimbang berat badannya setiap hari akan mendongkrak semangat besar untuk berperilaku sehat yang tentunya akan membuat penurunan berat badan lebih banyak.

Hasil riset diperoleh dari 91 partisipan berusia 18 dan 60 tahun tanpa kondisi medis utama dengan berat badan di antara rentang kelebihan hingga gemuk serta memiliki akses internet. Sekitar setengah, secara acak ditentukan dalam kelompok intervensi dan sisanya menjalani intervensi kemudian.

Di awal penelitian dan kemudian pada waktu enam bulan berikutnya, semua partisipan mengisi kuesioner tentang diet, olah raga dan perilaku lain terkait kesehatan. Kedua kelompok diberikan ‘e-scales’ dengan koneksi internet tanpa kabel yang akan mengirimkan data ke website yang menampulkan kemajuan sepanjang waktu. Mereka dalam kelompok intervensi juga diminta untuk menimbang berat badanya setiap hari.

Selama penelitian, kelompok intervensi menerima pesan surat elektronik mingguan yang mencakup tip dan strategi penurunan berat badan, sementara kelompok pembanding tidak menerima apapun.

Dalam enam bulan, para periset menjumpai bahwa penimbang setiap hari, turun sekitar 6 kg sementara mereka yang menimbang berat badan lima hari atau kurang setiap minggunya, turun sekitar 3 kg.

“Kemungkinannya, menimbang setiap hari memicu pemahaman atas makanan yang disantap dan pengaruhnya terhadap berat badan mereka. Sehingga mereka lebih cenderung untuk mengurangi porsi makan, cukup mengonsumsi sayuran atau menggunakan pedometer,” ujar Dori Steinberg, nutrisionis dan pimpinan riset  dariDuke Global Health Institute, Duke University, Durham, Carolina Utara.

Selain itu, mereka yang menimbang setiap hari juga mengadopsi lebih banyak perilaku kontrol terhadap berat badan seperti mengurangi kudapan antar waktu makan serta memangkas jumlah santapan di restoran, menambah olah raga, dan mengurangi waktu menonton televisi. Setidaknya, penimbang harian mengadopsi rata-rata 17 perilaku positif dibandingkan tujuh perilaku positif dari mereka yang jarang menimbang berat badannya.

Riset sebelumnya menunjukkan bahwa pengawasan sendiri seperti menghitung langkah atau asupan makan, bisa membantu orang menyesuaikan perilakunya untuk tetap sejalan dengan targetnya.

Mengingat melacak diet bisa demikian sulit, para periset mencoba menghalangi partisipan untuk menelusuri dietnya. “Sebaliknya, lanjut Steinberg yang mempublikasikan hasil penelitiannya dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, kami meminta mereka untuk fokus terhadap berat badan harian guna memonitor kemajuan sebagai cara untuk menentukan apakah perilaku diet maupun olah raga mereka berhasil.”

Ditambahkan oleh Dr. Kristine Madsen, dari University of California, Berkeley School of Public Health, menimbang berat badan setiap hari menjadi cara yang baik dalam memonitor kemajuan penurunan berat badan. Sekaligus, lanjut Steinberg, menjadi alat yang bermanfaat seperti halnya mencatat makanan yang dikonsumsi setiap hari.

“Menimbang setiap hari itu lebih mudah dan orang lebih cenderung tetap bisa melakukannya sepanjang waktu,” tegas Steinberg.

Sumber: health.kompas.com

Facebooktwittermail

5 Modern Logos You Didn’t Know Have a Hidden Meaning (PART I)

amazon.com

 

1. Amazon

Your initial thought when looking at the Amazon logo might be that the arrow looks like a smiley face, meaning Amazon is there to make its customers happy. Well, notice that the arrow is pointing from the a to the z; representing the fact that Amazon provides a variety of items for sale, literally from A to Z. 

fedex

2. FedEx

The FedEx logo is a creative one! At first glance all you can really notice are the two different colors, but if you look closely you can see an arrow is created between the spaces of the letter ‘E’ and ‘X’, representing the company’s forward-thinking ways and outlook towards the future.

apple

3. Apple

If you guessed that the Apple logo has to do with the creation story of Adam and Eve, then you guessed correctly. It represents the forbidden fruit from the “Tree of Knowledge”

IBM

4. IBM

IBM’s logo has a hidden message for the whole world hidden in the Big Blue logo that represents it’s company. The white lines passing through give the appearance of the equal sign in the lower right corner, representing equality.

adidas

5. Adidas

Ever notice that Adidas’ symbol looks like a mountain? Well, that’s exactly what it’s supposed to mean. The three stripes, which was part of the original logo in 1967, never really meant anything. It was just supposed to be unique. In the ’90s, though, they slanted the stripes so that it would represent a mountain, which stands for the obstacles people need to overcome.

Source: www.diply.com

Facebooktwittermail

Bisakah Materi Membeli Kebahagiaan?

Foto: copyright shutterstock.com

 

 

 

Can money buy happiness? Ini merupakan sebuah pertanyaan yang masih jadi perdebatan sampai sekarang. Beberapa orang menganggap bahwa uang bisa membeli kebahagiaan. Uang bisa membuat hati yang gundah jadi bahagia dengan membeli barang-barang yang diinginkan. Pokoknya uang adalah segalanya dan bisa menjadi pemecah segala masalah dan kesulitan.

Di satu sisi ada yang menentang pendapat ini. Ada yang mengatakan bahwa uang tidak akan pernah bisa membeli kebahagiaan. Jika uang bisa membeli kebahagiaan mengapa banyak sekali orang di luar sana yang sangat kaya raya namun lebih memilih untuk mengakhiri hidup mereka. Mengapa banyak orang populer dan tenar namun lebih memilih untuk bunuh diri dan meninggalkan semua kekayaannya? 

Kebahagiaan yang sebenarnya memang berasal dari hati Ladies. Kebahagiaan itu kita sendiri yang bisa menentukan dan juga rasakan. Ikuti saja kata hati dan juga passion Anda. Ini yang akan membawa Anda ke jalan kebahagiaan.

Layaknya sebuah lirik lagu dari Jewel yang berjudul Intuition:

“Follow your heart
Your intuition
It will lead you in the right direction
Let go of your mind
Your Intuition
It’s easy to find
Just follow your heart baby”

Ikuti saja kata hati dan Anda akan segera menemukan jalan yang benar untuk mencapai kebahagiaan Anda.
Sumber: www.vemale.com
Facebooktwittermail

MAU TAHU:Kenapa Nasi Padang Isinya Lebih Banyak Kalau Dibungkus ?

nasi padang

 

Sudah banyak pertanyaan dan jawaban tentang kenapa kalau kita beli nasi padang dengan dibungkus isinya jauh lebih banyak daripada kalau kita makan ditempat?

Jawaban paling populer adalah karena dengan dibungkus, si penjual tidak perlu repot mencuci piring dan mengurangi biaya sabun cuci.


Jawaban yang logis, tapi cenderung dipaksakan. Dibandingkan dengan biaya sabun, kalau dihitung-hitung, biaya nasi lebih jauh lebih besar. Ini tentu bertentangan dengan apa yang diketahui oleh masyrakat umum kalo orang padang itu perhitungan (baca: pelit) . Jawaban seperti diatas tidak lebih jawaban ngeles dari si penjual karena mereka ngga tau sejarah asal muasal dari pertanyaan di atas.  Oh iya, anda tidak salah baca. Ada sejarah dibalik kenapa kalau beli nasi padang isinya lebih banyak daripada makan ditempat, dan sejarah ini berawal sejak jaman penjajahan Belanda.

Baiklah, mari kita mulai saja pembahasannya:

Di Sumatera Barat dan sekitarnya (termasuk Pekanbaru), rumah makan disana tidaklah disebut dengan Rumah Makan Padang, melainkan RM Ampera. Jamak ditemui rumah makan disana diawali oleh kata Ampera kemudian barulah disusul dengan nama RM itu sendiri. Misal, RM Ampera Beringin, RM Ampera Siti Nurbaya, dll. Ampera sendiri adalah kepanjangan dari amanat penderitaan rakyat. Diakhir pembahasan ini akan ditemukan asal muasal kenapa mereka menggunakan nama Ampera disini. Memang ada jenis yang lain yaitu RM Kapau, tp kita lewati saja dulu, mungkin nanti akan gw bahas tersendiri.

Kembali ke RM Padang tadi. Di masa penjajahan dulu, RM Padang termasuk RM yg ekslusif, hanya kaum penjajah dan para saudagar kaya saja yang bisa menikmati lezatnya rendang, gulai tunjang, kepala ikan kakap, dendeng, dan kawan-kawan. Bahkan, saudagar kaya yang dimaksud disini adalah saudagar etnis cina (No Sara, red) bukan yang pribumi. Kenapa bisa demikian? Yah, dimasa penjajahan, daging dan beras termasuk komoditi mahal yg rakyat tidak selalu dapat membeli. Oleh karena itulah, harga makanan padang menjadi mahal dan seperti yg udah gw sebut diatas, hanya para penjajah dan saudagar kaya yg bisa menikmatinya.


Dan disinilah sejarah itu dimulai, kenapa kalau beli nasi padang, isinya lebih bayak dibungkus daripada makan ditempat. Para pengusaha RM Padang (pastinya orang minang asli) sadar bahwa saudara-saudaranya juga layak untuk menikmati makanan enak, terlebih lagi makanan khas daerah mereka sendiri. Lebih jauh lagi, mereka para pengusaha ini juga sadar, banyak dari saudara mereka bekerja sebagai buruh kasar untuk para penjajah dan saudagar kaya yang makan di RM mereka, dan saudara mereka ini membutuhkan tenaga dan gizi yg cukup untuk tetap selalu sehat dan bekerja menafkahi keluarga mereka masing-masing.

Entah siapa yang memulai, di suatu waktu, para pengusaha RM ini memberlakukan peraturan baru. Jumlah nasi yang dibeli dengan dibungkus isinya akan jauh lebih banyak daripada makan ditempat. Biaya makan ditempat dibebankan kepada para penjajah dan para saudagar kaya dan biaya makan dibungkus untuk para buruh dan para pribumi lain. Inilah yang dijaman modern disebut subsidi silang. Kebijakan ini oleh para pengusaha disebut dengan Ampera alias Amanat Penderitaan Rakyat. Inilah asalnya kenapa RM Padang di Sumatera Barat sana disebut dengan RM Ampera. Spirit Ampera ini seperti yang kita lihat, masih terbawa sampai detik ini bahkan sudah menyebar diseluruh Indonesia. Tentu saja, nyaris tidak ada tempat di Indonesia ini dimana daerahnya tidak ada RM Padang.  Semua pelosok ada. Semoga spirit Ampera ini terus ada sampai akhir jaman.

Nah, itulah alasan kenapa Jumlah nasi yang dibeli dengan dibungkus isinya akan jauh lebih banyak daripada makan ditempat. Darimana gw tau? Ini adalah penuturan dari salah satu pengusaha RM Padang yang kebetulan tetangga gw di Padang sana. Ada yg tau RM Beringin di kawasan Tabing kota Padang? Tentu, postingan ini bukan official, jadi masih bisa diperdebatkan kebenarannya. Tapi terlepas dari apakah ini hoax atau real, semoga kita bisa mengambil hikmahnya.

sumber: owunik.blogspot.com
Facebooktwittermail

Mendagri bolehkan kolom agama di KTP dikosongkan

artikel3

 

 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolomenyatakan kolom agama pada KTP boleh dikosongkan. Hal ini demi mengakomodir rakyat Indonesia yang memeluk keyakinan selain enam agama yaitu Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. “Berdasarkan Undang-undang (UU) baru enam agama. Kalau mau tambah, harus mengosongkan, nggak ada masalah,” ujar Tjahjo di Jakarta, Kamis (6/11).

Menurut Tjahjo, Kemendagri masih melakukan pencatatan terkait kepercayaan apa saja yang dianut masyarakat. Namun demikian, kepercayaan tersebut saat ini belum dapat dimasukkan ke dalam kolom agama di KTP.

“Saat ini di KTP-nya bisa dikosongkan dulu,” ungkap dia.

Selanjutnya, Tjahjo mengatakan pihaknya memiliki dasar dalam menetapkan kebijakan tersebut. Menurut dia, setiap warga negara punya kewajiban sendiri dengan keyakinannya masing-masing.

“Semangatnya kita tidak ingin campuri urusan warga negara memeluk agama dan keyakinan sepanjang tidak mengganggu,” katanya.

Lebih lanjut, Tjahjo mengaku akan melakukan pembicaraan dengan menteri terkait rencana penerapan kebijakan ini. Dia menegaskan, langkah ini perlu diambil karena Indonesia bukan negara agama.

“Koordinasi dengan menko terkait, Kementerian Agama, MUI, PGI, PHDI, dan lain-lain. Ini bukan negara agama,” pungkasnya.

 

Sumber: www.merdeka.com

Facebooktwittermail

Anakku Ingin Jadi Pianis Terkenal, Namun Hal Itu Terwujud Saat Ia Telah Tiada

 

Anna van Keulen

Anna van Keulen

Berikut link videonya: https://www.youtube.com/watch?v=AJltZEOGJPg

Melalui fase dukacita tidaklah mudah. Ada beberapa tahap bagi seseorang yang harus dilalui. Kadang tahapan itu begitu memilukan dan hampa, kadang membuat mereka tegar dan berjiwa besar untuk menerima.

Ayah dari Anna van Keulen sudah cukup tabah untuk bisa menerima kepergian putrinya. Ia punya sebuah cara untuk melampaui fase ini dengan mencoba mengabulkan keinginan malaikat kecilnya itu. Anna, gadis 13 tahun ini ingin menjadi seorang pianis terkenal, dan ayahnya tahu putrinya bisa melakukan itu.

Namun, siapa yang sangka cara Tuhan dalam mewujudkan takdir terbaik bagi seseorang. Anna van Keulen terkenal, setelah beberapa pekan lalu ia meninggal dan ayahnya mengunggah video permainan piano putrinya di Youtube. 

Dalam dua hari, video itu sudah di-klik sebanyak satu juta kali. Orang-orang tak hanya trenyuh mendengar kisahnya yang tragis, namun juga permainannya yang indah di usianya yang semuda itu.

Anna van Keulen meninggal beberapa pekan sebelum video itu beredar. Penyebab kematiannya adalah kecelakaan sepeda. Meski impiannya berhasil diwujudkan, namun keinginan itu terjadi setelah ia meninggal. Banyak orang yang menyayangkan kematiannya di usia yang sangat muda.

Namun bagi sang ayah, ini adalah penghargaan dan kado terbaik di penghujung kisah hidup putrinya. Anna akan dikenal dengan talenta dan permainan pianonya yang indah, seperti yang ia inginkan.

Facebooktwittermail