Menu

Sejarah Warna Putih Menjadi Pilihan Baju Pernikahan

Baju pernikahan/copyright pexels.com

Vemale.com – Apa warna gaun pernikahanmu? Well, banyak yang menjawab warna putih sebagai warna pilihan saat pernikahan. Bukan tanpa sebab, warna putih dipilih karena memiliki filosofi tersendiri yaitu bermakna suci. Yup, pernikahan yang kamu laksanakan diharapkan berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan.

Meskipun di beberapa negara warna putih sangat dihindari dalam upacara pernikahan, karena bermakna kesedihan. Salah satu negara tersebut adalah China. Negara ini menganggap warna putih bermakna duka dan kemalangan, sehingga pantang digunakan dalam upacara pernikahan. Sebaliknya warna putih digunakan dalam upacara pemakaman.

Sejarah Gaun Warna Putih

Gaun pengantin/copyright pintest/manifeesto

Tidak dipungkiri, gaun pernikahan berwarna putih berasa dari kebudayaan Eropa. Pada tahun 1800 warna merah populer digunakan sebagai warna gaun pernikahan. Pada kala itu, warna merah melambangkan romantisme cinta yang abadi. Selain merah mawar atau merah burgundi, warna kuning gading pun sempat tren menjadi warna yang dipilih untuk baju pernikahan.

Hal ini desebabkan pada tahun tahun 1558, Ratu Mary dari Skotlandia memilih gaun warna putih untuk pernikahannya, padahal pada waktu itu warna putih diyakini sebagai warna untuk berduka. Sampai beberapa tahun kemudian sang suami meninggal dan orang-orang saat itu pun meyakini bahwa itu sebuah kutukan dalam pernikahan karena sang Ratu memilih warna berkabung dalam pernikahannya.

Nah, di tahun 1840 saat Ratu Victoria menikah dengan Albert memilih gaun pernikahan warna putih. Sang ratu pun mulai mengajarkan untuk mengesampingkan segala tahayul dan sukses memopulerkan kembali gaun warna putih sebagai tren baru.

Sejak saat itu warna putih menjadi populer sebagai warna pilihan gaun pernikahan. Warna putih pun memiliki maknda dan lambang baru yaitu menandakan kepolosan dan kemurnian hati seorang perempuan.

Bagaimana ladies, semakin yakin untuk memilih gaun pernikahan warna putih? Share pendapat kamu di ruang vemale ya.

Source:https://www.vemale.com/love/109522-sejarah-warna-putih-menjadi-pilihan-baju-pernikahan.html
Facebooktwittermail

About gaunjogja

No comments

Leave a comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>