Menu

Asyiknya Menikah Beda Budaya: Makin Cinta Pasangan, Makin Cinta Indonesia

Sudah kita tahu sejak dulu bahwa Indonesia itu terdiri atas beribu ribu pulau, maka tidak heran, Indonesia disebut Negara Kepulauan. Tentu ragam budaya, suku, dan kepercayaanpun semakin beragam.

Negara Indonesia yang semakin maju dan berkembang, mengharuskan penduduknya melanglang buana atau hijrah dari satu tempat ke tempat lainnya baik untuk keperluan sekolah/pendidikan, pekerjaan, atau hanya sekedar liburan dengan jangka waktu yang lama.

Dari hal tersebut tentu kita akan banyak sekali menjumpai pasangan-pasangan yang berbeda budaya menikah dengan keIndonesiaannya dan terlihat harmonis, dikarenakan pertemuan tak terduga dari pasangan tersebut, bisa salah satunya yang bertemu penduduk setempat, atau keduanya dipertemukan dalam satu daerah yang berbeda dengan budaya mereka.

Pernikahan itu mempersatukan dua insan jadi satu, baik laki-laki dan perempuan, jenis kelamin saja sudah berbeda, tentu sudah sepatutnya beda budaya pun tidak menjadi kendala dalam menikah, justru akan semakin melengkapi.

Berikut tantangan dan kekuatan ketika kita menikah dengan pasangan yang berbeda budaya:

1. Restu Orang Tua/Keluarga

Mungkin tidak semua budaya indonesia dapat menerima menantu dari beda budaya, karena sudah tradisi nenek moyangnya begitu, karena ketakutan hilangnya generasi. Sehingga pasangan beda budaya kerap kali mendapat tentangan dari orang tua atau keluarga. Meyakinkan mereka dan mengambil hati mereka adalah hal yang tepat untuk dilakukan dengan menunjukan sisi kamu yang baik dan keseriusan untuk menikah dengan salah satu keluarganya.

2. Kekayaan Budaya

Menikah dengan pasangan yang berbeda budaya akan menambah kekayaan budaya di keluarga kamu. Saling menghargai dan mau belajar budaya pasangan akan memberikan nilai plus pada hubungan pernikahan kalian, ingat menikah bukan dengan pasangan saja tetapi dengan keluarga besarnya.

Kamu dapat belajar bagaimana cara beradaptasi dengan keluarga besar pasangan dengan tradisi-tradisinya. Dan diharapkan anak-anak kalian akan belajar tentang kekayaan Indonesia yang beragam. Walaupun berbenturan budaya dapat terjadi, tapi dengan saling menghargai dan memahami hal ini dapat diatasi.

3. Keunikan

Jangan melihat budaya yang berbeda dengan kita sebagai sesuatu hal yang taboo atau aneh, tapi pandanglah sebagai keunikan sehingga kita dapat berinteraksi dan beradaptasi dengan mudah tanpa beban. Ada satu budaya yang suka berpesta, ada budaya yang suka menari, ada pula yang banyak pantangannya. Nikmati saja, niscaya kamu akan bersyukur akan kekayaan itu terjadi di keluarga kamu.

4. Pernikahan yang Kuat

Memang tidak dipungkiri, dewasa ini banyak yang mempermasalahkan perbedaan, sehingga perbedaan dijadikan alasan untuk berpisah karena tidak adanya kecocokan.

Justru sebaliknya, seharusnya dengan banyaknya perbedaan kita akan semakin kuat dan saling menghargai. Kembali lagi ke poin unik. Jika pernikahan kalian langgeng dan harmonis karena perbedaan budaya ini menunjukan seberapa kualitas pernikahan dan pemikiran kalian.

Beda Budaya bukan berarti harus Beda Visi dan Beda Prinsip

5. CINTA Indonesia

Yes… Whatever, I Love Indonesia…

Kalian akan semakin bersyukur hidup di negeri dengan banyaknya perbedaan, INDONESIA… Melihat tradisi, cara pandang, dan cara hidup pasangan kita dan keluarganya akan membuat kita kagum akan keindahan Indonesia.

Kita tidak perlu jauh-jauh melihat budaya setempat atau hanya sekedar menonton TV tapi ada di kehidupan nyata dan hidup disamping kita.

6. LIBURAN

Poin terakhir adalah bisa LIBURAN… Liburan yang paling berkesan adalah bisa liburan dengan keluarga besar dan mungkin juga murah karena menghemat biaya penginapan. Kita juga tidak bingung lagi menentukan tujuan yang akan kita kunjungi, karena pemandu wisatanya bisa dari kalangan keluarga sendiri.

Selain bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar, yang bisa kita jadwalkan pada saat tanggal merah atau hari raya, kita juga bisa berwisata kedaerah pasangan, tahu siapa keluarganya, dan tempat lahirnya.

*Asal kalian pernah hidup di kota yang berbeda.

Jadi menikah Beda Budaya??? Kenapa ragu???

 

Source : http://www.hipwee.com/list/asyiknya-menikah-beda-budaya-makin-cinta-pasangan-makin-cinta-indonesia/

Facebooktwittermail

About gaunjogja

No comments

Leave a comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>