Sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, biasanya diselenggarakan acara lamaran sebagai bentuk permohonan pada keluarga wanita untuk mempersunting anak gadisnya. Meski kelihatannya sederhana, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, khususnya oleh pihak lelaki. Yang pertama sudah pasti persiapan mental, berani maju mengajak keluarga untuk datang melamar. Lalu apa lagi?

Buatmu yang tengah merencanakan untuk datang ke rumah calon mertua dalam rangka melamar wanita idaman, daftar persiapan berikut ini jangan sampai lupa kamu pikirkan, ya!

1. Penting buatmu untuk mempersiapkan cincin sebagai syarat lamaran, sesuaikan dengan kesepakatan kedua belah pihak, ya!

cincin lamaran

Cincin menjadi salah satu syarat yang dijadikan simbol ikatan sebuah hubungan. Nah sebelum mempersiapkan cincin lamaran, buatlah kesepakatan dengan pihak wanitanya. Ada beberapa pasangan yang menginginkan cincin yang berbeda untuk lamaran dan pernikahan. Ada juga yang menggunakan cincin lamaran sekaligus untuk cincin pernikahan agar menghemat waktu dan biaya.

Apa pun pilihannya, ajaklah pasanganmu untuk bersama-sama memilih model cincin yang sudah disesuaikan dengan bujet kalian berdua.

2. Agar cincin yang kamu bawa tersimpan rapi, siapkan juga kotak cincin dengan desain yang menarik dan sesuai selera kalian berdua

kotak cincin yang berkesan

Sebetulnya ketika memesan cincin, kamu bisa sekalian memilih kotak cincin yang disediakan di toko perhiasan. Namun, nggak ada salahnya jika kamu menggunakan kotak cincin yang ‘nggak biasa’ yang sudah disesuaikan dengan seleramu dan pasangan. Misalnya kotak cincin berbahan kayu dengan ornamen bertema unik, lengkap dengan hiasan lucu di bagian dalamnya.

3. Hantaran untuk pihak wanita sebagai tanda pengikat sekaligus tunjangan pelaksanaan pernikahan

hantaran lamaran

Hantaran bisa juga disebut sebagai ‘pengetuk pintu’ saat pihak lelaki mengunjungi keluarga pihak wanita untuk melamar. Umumnya, isi hantaran berupa perlengkapan yang akan digunakan calon mempelai wanita untuk mempersiapkan hari pernikahannya, seperti uang hantaran (sumbangan untuk acara pernikahan), perhiasan, busana lengkap wanita, sepatu dan tas, peralatan makeup, dan perlengkapan ibadah.

Namun, zaman sekarang isi hantaran boleh berupa benda yang diinginkan atau disukai oleh calon mempelai wanita. Tentu saja isi dari hantaran ini nggak mengikat dan disesuaikan dengan bujet yang ada.

4. Biar kompak, nggak ada salahnya kamu mempersiapkan seragam keluarga. Paling nggak untuk kedua orangtua

seragam keluarga biar kompak

Busana menjadi salah satu perlengkapan yang jangan sampai kamu lewatkan saat lamaran. Jika kamu sudah menyiapkan sarimbitan dengan pasangan, kenapa nggak sekalian membelikan baju seragam buat keluarga? Paling nggak untuk dikenakan kedua orangtuamu saat ikut menghadiri acara lamaran. Pilih saja bahan batik berkualitas bagus dengan warna yang kalem, lalu tinggal dijahit jadi busana yang pantas. Kekompakanmu dan keluarga akan menimbulkan kesan yang baik di mata keluarga pihak wanita, bukan?

5. Namanya juga berkunjung, nggak etis rasanya kalau nggak bawa makanan. Nggak perlu banyak-banyak, sewajarnya saja

hantaran makanan

Sudah jadi tradisi untuk membawa makanan ketika berkunjung, terlebih ke rumah calon mertua. Memang nggak ada aturan yang pasti untuk menentukan makanan yang harus dibawa. Kecuali jika kamu menggabungkan makanan tersebut dalam paket hantaran lainnya, maka biasanya perlu membawa makanan tradisional serta buah-buahan. Atau, jika kamu berniat untuk memberikan makanan sebagai syarat berkunjung saja, makanan khas dari dari daerahmu bisa jadi pilihan yang cukup berkesan bagi calon besan.

6. Terakhir, kamu perlu menyiapkan ongkos untuk transportasi dan akomodasi jika calonmu tinggal di kota yang berjauhan

transportasi dan akomodasi perlu dipertimbangkan juga

Bagi pasangan yang tinggal di kota yang berjauhan, transportasi dan akomodasi menjadi poin krusial yang harus dipersiapkan. Hitung terlebih dahulu keluarga yang ingin ikut ke acara lamaran, dari situ baru perkirakan kendaraan yang akan digunakan. Usahakan untuk membuat senyaman mungkin keluarga yang ikut menemanimu ke acara lamaran. Meski akomodasi biasanya sudah disiapkan oleh pihak keluarga wanita, baiknya kamu tetap menyisihkan biaya khusus untuk tempat beristirahat atau menginap.

Nah, itu tadi beberapa persiapan dari pihak lelaki yang bisa mulai kamu pikirkan jauh-jauh hari sebelum hari-H lamaran. Nggak harus saklek kok, semuanya tergantung kesepakatan dan bujet yang tersedia. Semoga lancar acara lamaranmu, ya!