Menu

30 Inspirasi Wedding Invitation Unik

Oleh: Destin

Dahulu, mengirim undangan pernikahan tidaklah semudah pada zaman sekarang. Sekitar abad ke-14, adalah waktu dimulainya undangan dalam bentuk cetak yang alatnya ditemukan oleh Johannes Gutenberg. Sebelum pada masa itu, calon pengantin akan mengutus seorang town crier atau seseorang yang akan berteriak di sepanjang jalan di kota untuk mengumumkan waktu pernikahan. Setelah ada alat untuk mencetak undangan pun, hanya para bangsawan yang mampu membuatnya. Mereka bahkan memiliki seni kaligrafi tersendiri dan memiliki cap khusus untuk membedakan keluarganya dengan keluarga bangsawan lainnya.

Pada abad ke-16, kemajuan undangan pernikahan bahkan sudah tidak mengunakan tinta yang harus ditulis dengan tangan. Pada masa ini, undangan sudah dapat dicetak dengan menggunakan alat dari bahan timbal. Baru pada abad ke-18, muncul etika dalam mengirim undangan secara formal dan hanya kalangan elit saja yang dapat melakukannya.

Format undangan pernikahan pada zaman dahulu sebenarnya adalah sama seperti saat ini, undangan utama yang dibungkus sebuah amplop yang akan dilapisi amplop lagi pada bagian luarnya seperti kertas amplop besar atau plastik untuk memlindungi amplop dan undangan utamanya. Saat ini, semakin banyak berkembang model-model undangan pernikahan yang dikemas modern bahkan undangan tersebut pun dapat digunakan lagi sebagai hal yang lain.

Mau tau desain-desain unik yang bisa Anda contek untuk referensi pernikahan Anda? Yuk simak beberapa inspirasi wedding invitation berikut ini!

 

Sumber:

pinterest.com, uniquecardwedding.co.id

Facebooktwittermail

About gaunjogja

No comments

Leave a comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>