Menikah merupakan momen sekali seumur hidup yang layak dirayakan, entah dengan meriah dan megah atau sederhana dan syahdu. Nah, dari sekian banyak pilihan merayakan momen sakral tersebut, ternyata ada banyak pula cara yang bisa kamu terapkan untuk tak sekadar bersenang-senang, tapi juga mengampanyekan peduli lingkungan. Selain lebih hemat anggaran, juga secara tak langsung kamu mengajak para tamu undangan untuk berkontribusi menjaga kelestarian alam.

Nggak perlu mikir susah dan muluk-muluk,  coba deh terapkan 11 hal yang bisa membuat pesta pernikahan kamu tak hanya layak untuk dikenang tapi juga lebih berfaedah bagi lingkungan. Simak ulasannya sampai habis dan jangan lupa dipraktikkan di hari istimewamu nanti ya!

1. Saat merancang undangan pernikahan, pikirkan konsep desain undangan agar efektif, informatif dan minim pernak pernik yang ujung-ujungnya hanya dibuang. Lebih baik lagi kalau undangan kamu bisa dimanfaatkan kembali

Andai di Indonesia ada kertas yang mengandung bibit yang bisa tumbuh begini!

Memberikan undangan berupa figura atau kipas yang bisa digunakan jauh lebih bermanfaat daripada memberikan berlembar-lembar kertas yang pada akhirnya hanya akan berakhir di tong sampah. Sayang banget ‘kan? Optimalkan juga penggunaan gadget untuk mengirimkan undangan digital kepada rekan, sahabat dan kolega yang dekat.

2. Kamu bisa pertimbangkan untuk menyewa gaun pengantin ketimbang membeli karena kemungkinan besar hanya akan sekali saja dipakai. Kecuali kamu memodifikasinya agar nanti bisa dikenakan di acara lain

Gaun pernikahan sewaan bukan hal aneh atau misqin kok

3. Jika kamu berniat mengundang cukup banyak tamu, pilihlah venue yang letaknya nggak terlalu jauh dari pusat kota dan mudah dijangkau

Ya nggak perlu semewah ini juga kalau bujet belum ada

Dengan begitu, kamu turut mengurangi emisi karbon dari gas kendaraan yang keluar dari mobil atau motor yang digunakan para tamu.

4. Pertimbangan menu katering yang menggunakan buah-buahan dan sayuran lokal daerah tempat kamu mengadakan resepsi pernikahan. Nggak perlu maksa ngimpor daging atau sayur khusus dari luar kota

Menunya sesuaikan saja dengan makanan lokal

5. Coba deh eksplorasi suvenir hasil daur ulang, yang bisa dimakan atau suvenir berupa tumbuhan atau biji-bijian yang bisa ditanam di rumah. Selain relatif lebih terjangkau, juga lebih berfaedah buat alam

Lucu nih dapat bibit yang bisa ditanam!

6. Kurang-kurangi deh membuat spanduk yang ujung-ujungnya bakal dibuang. Selain sudah ketinggalan zaman, juga berkontribusi bikin sampah

Mending kreasikan yang lebih ramah lingkungan dan hasil daur ulang

7. Jika memungkinkan, buat pesta di area atau venue yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Supaya pemakaian AC bisa ditekan

Pilih yang outdoor atau banyak jendela

8. Jika memungkinkan hindari deh menggunakan peralatan makan sekali pakai seperti piring plastik, sendok plastik atau sejenisnya

Sebisa mungkin hindari yang bisa jadi sampah

Ini memang menantang sih, tapi jika bisa dilakukan, kenapa nggak? Terutama kalau tamu yang kamu undangan relatif nggak terlalu banyak, bisa jadi menu air mineral kemasan yang bisa ditemukan di resepsi bisa kamu tiadakan.

9. Kalau keluarga nggak keberatan, nggak ada salahnya untuk mengadakan 1-2 acara di venue yang sama. Selain hemat, para tamu juga nggak repot berpindah lokasi

Sekalian biar hemat waktu dan anggaran

Misalnya nih, setelah pemberkatan atau akad nikah, kamu bisa mengadakan pesta resepsi dan ibadah syukuran di gedung yang sama. Hitung-hitung nggak repot pindah venue juga ‘kan?

10. Maksimalkan pencahayaan dengan sinar matahari alami. Mengurangi penggunaaan lampu yang nggak diperlukan termasuk aksi pelestarian lingkungan lho

Maksimalkan pencahayaan alami

11. Terakhir, buatlah anggaran yang benar-benar jujur dengan pasangan. Jika tak mampu mengundang band komplit, nggak perlu memaksa sampai menghabiskan isi tabungan

Hemat-hemat buat modal rumah tangga baru

Sudah nggak zaman lagi menikah berbeban gengsi. Terutama di era milenials, di mana membeli rumah dan kendaraan pribadi saja sudah jadi hal yang semakin sulit. Menghemat bujet demi membiayai permulaan hidup kalian lebih baik daripada menghambur-hamburkan uang yang pada akhirnya akan terbuang karena hanya terpakai sekali. Sayang banget ‘kan hanya karena biar dipuji, sampai bela-belain beli pernak pernik yang instagramable tapi nyatanya kurang berfaedah?

Menikah memang merupakan momen sakral yang sayang jika dilangsungkan ala kadarnya, tapi jangan lupa juga untuk selalu menyesuaikan dengan bujet dan kemampuan masing-masing pasangan. Ada banyak kok cara untuk merayakan resepsi yang syahdu dan memorable tanpa mengorbankan persiapan masa depan rumah tangga kalian. Lebih hebat lagi kalau pernikahannya bisa sekalian kampanye peduli lingkungan. Kalau kreatif, kamu dan pasangan tetap bisa kok menciptakan suasana resepsi yang indah dan tak terlupakan. Ingat, yang penting pernikahanmu masuk akal dan membuat kamu, pasangan dan keluarga berbahagia~