Memimpikan resepsi sederhana tak hanya terbesit di angan beberapa pasangan. Selain mempertimbangkan perihal modal dan tabungan yang dikhususkan untuk nikahan yang nggak bisa dibilang murah, kesakralan acara pun menjadi pertimbangan. Hal yang bikin budget pernikahan membengkak adalah mengenai katering dan sewa gedungnya.

Sebenarnya, mengundang ratusan undangan bukan menjadi sebuah kewajiban buatmu kok. Mau merencanakan sebuh resepsi kecil-kecilan yang terbatas pada keluarga dan sahabat terdekat saja, layak kamu coba nantinya. Terasa lebih dekat, hangat, dan sekaralannya tetap terasa. Mengenai budget pun, jadi terasa lebih ringan dirasa saat melihat saldo tabungan. Hipwee sudah menyiapkan beberapa inspirasi resepsi sederhana tapi tetap meninggalkan kesan mendalam.

1. Di gedung tua pun bisa dijadikan spot terbaik untuk dihabiskan bersama keluarga inti. Makin dekat di hati

Yang terpenting dalam pernikahan adalah proses akad nikah. Karena kesakralan ketika kamu dan pasangan benar-benar sah menjadi pasangan halal sehidup semati. Orangtua dari kedua mempelai pasti akan datang untuk menyaksikan hal membahagiakan ini. Setelah itu, kamu dan keluarga baru ini bisa berbagi kebahagiaan, tanpa perlu dibuat capek berlama-lama berdiri di pelaminan.

Budget yang perlu kamu siapkan untuk makan-makan besar pun paling tidak, nggak akan dibuat membludak seperti saat kamu akan mengundang ratusan undangan. Toh yang benar-benar memberi support adalah keluarga dan teman terdekatmu. Tak apa jika orang lain mendoakan dari jauh.

2. Venue di luar ruangan memang terasa beda saat dijadikan tempat resepsi. Konsep api unggun bikin suasa makin terasa hangat, tanpa tapi

Konsep yang nggak biasa bisa kamu coba untuk menggelar acara resepsi kecil-kecilan ini. Terlebih lagi ketika tempat di luar ruangan kamu jadikan spot, pas sekali untuk dimanfaatkan untuk konsep api unggun. Nggak perlu di pinggir pantai, di tepian hutan pinus pun bisa kamu pilih. Menghangatkan diri bersama keluarga dan sahabat sambil mengobrol asyik dan santai, makin menenangkan hati rasanya.

3. Padang ilalang bisa jadi tempat romantis yang terkenang di hari bahagiamu. Menyapa keluarga tak perlu lama-lama berdiri, kan?

Pada ilalang tak selamanya bikin kulitmu gatal-gatal kok. Kalau kamu bisa memilih tempat yang tepat, spot ini bisa jadi saksi bisu kamu dihalalkan dengan pasanganmu. Memboyong keluarga besar dari kedua mempelai ditemani sahabat terdekat, jadi lebih berbeda rasanya. Romantis dan bahagia jadi terasa dua kali lipat. Menyambut kedatangan mereka, kamu dan pasangan pun tidak perlu terlalu lama berdiri di pelaminan. Kamu bisa langsung menyambut mereka dengan salim dan cipika-cipiki~

4. Halaman yang luas jangan disiakan begitu saja. Akan jadi tempat nikahan yang bisa kamu dekor sesuai keinginan

Punya halaman luas adalah sebuah anugerah yang harus kamu syukuri. Karena kamu tidak perlu menyewa gedung sebagaivenue resepsimu. Di atas rerumputan hijaunya, kamu bisa mendekorasi meja makan hingga spot untuk foto dengan sesuka hati. Memang lebih mahal ketika membayar pajak bumi bangunan, tapi menguntungkan saat momen-momen krusial dan membahagiakan seperti resepsi ini, kan? Mengundang keluarga besar sudah lebih dari cukup luas.

5. Tak hanya kursi, menyiapkan karpet untuk tamu yang ingin lesehan pun bisa kamu coba. Jadi lebih beda dan tak menegangkan jadinya

Untuk menghargai keluarga dan tamu dari kalangan sahabat terdekat, memang menjadi sebuah keharusan. Ibarat di restoran, kamu akan menyajikan pelayanan terbaik dan menyuguhkan makanan terenak yang jadi rekomendasi. Untuk tempat duduk, pasti kursi akan kamu siapkan. Untuk membuat suasana terasa lebih santai, tak apa jika kamu menyiapkan tikar dan selimut kecil untuk digunakan tamumu yang ingin duduk lesehan. Suasana yang awalnya tegang, akan lebih menenangkan dan nggak bikin tegang, bukan?

6. Konsep picnic wedding layak kamu coba rayakan di halam rumah. Benar-benar santai seperti piknik, dengan suasa membahagiakan yang tak ada habisnya

Pergi piknik bersama keluarga memang terasa beda dang menyenangkan. Santai sambil mengobrolkan banyak hal, benar-benar bisa menjadi obat rindu paling ampuh. Pun untuk konsep pernikahan piknik, layak kamu coba, kok. Terasa santai dengan pakaian yang semi-formal, kamu dan pasangan pun nggak akan canggung untuk menyapa dan menjamu mereka di halaman rumah. Dekorasi sederhana dengan lampu bohlam kuning, semakin membuat suasana lebih hangat dan sulit untuk dilupakan.

7. Tak perlu sungkan hanya mengajak keluarga dan sahabat di acara akad. Tamu sedikit tak apa, asal kesakralan tetap terasa

Tamu yang wajib hadir dan datang dalam acara akad dan resepsi pernikahanmu adalah keluarga dan sahabat terdekat. Memang terlihat sedikit yang datang, rasa bahagia yang dirasa akan menjadi berlipat ganda. Senyum dan tawa bahagia mereka adalah soundtrack terindah dalam acara sakral kalian berdua ini. Jika dihitung-hitung mengenai budget katering, tidak akan habis berjuta-juta kan?

8. Memang kursi yang berjajar hanya sedikit, doa yang mengiringi proses pernikahan kalian pun tak bisa dihitung banyaknya

Saksi terpenting dalam acara akad nikah yang disahkan oleh penghulu adalah keluarga dan sahabat terdekat. Tak apa jika kursi yang kam siapkan tidak banyak, toh doa orang-orang akan tersampaikan walau diucapkan dari jauh. Berbagi kebahagiaan bersama kerabat yang memang membawa arti besar dalam hidupmu jadi sebuah kewajiban. Saatnya kamu bersenang-senang tanpa harus dibuat pusing dengan hal-hal ribet lainnya.

9. Hutan pinus dan lampu bohlam kuning memang pas menjadi inspirasi pernikahan bertema bohemian. Seperti resepsi kak Andien Aisyah dan kak Ippe misalnya. Apik dan epic!

Keindahan alam yang bisa memberikan keajaiban dalam momen membahagiakan, memang menjadi sebuah paket tak terpisahkan. Hutan pinus bisa kamu jadikan sebagai venue pernikahanmu nantinya. Inspirasi resepsi pernikahan dari kak Andien dan kak Ippe yang bertema bohemian ini bisa kamu contek! Yang kamu perlukan adalah menghubungi petugas hutan setempat untuk meminta izin dan memenuhi ketentuannya. Wah, membayangkan saja sudah membahagiakan rasanya.

10. Resepsi kak Rara Sekar dan Ben pun bisa dicontek temanya. Dengan konsep potluck, terasa santai dan membahagiakan berbagi bahagia dengan 30 teman dekat mereka

Salah satu penyanyi bersuara merdu yang dikenal di dunia musik dari Banda Neira, Rara Sekar, punya caranya sendiri untuk merayakan resepsi yang dikhususkan untuk sahabat terdekatnya, 30 orang leibh tepatnya. Kak Rara dan kak Ben memilih untuk mendekorasi halaman belakang rumahnya menjadi apik luar biasa. Dengan bangku-bangku kayu lengkap dengan tikar dan bantalnya, buat suasana romantis nan santai jadi makin kental. Ditemani temaram lampu-lampu kuning di atasnya, makin terasa hangatnya. Menginspirasi bukan untuk resepsimu kelak?

Dari beberapa inspirasi yang sudah Hipwee rangkum di atas, mana nih yang mampu menarik perhatianmu? Jangan segan untuk menjadikannya sebagai tema resepsi kecil-kecilanmu yang semoga bisa membantu untuk memangkas budget~

 

Source : http://www.hipwee.com/wedding/10-inspirasi-resepsi-sederhana-bersama-keluarga-dan-sahabat-intim-dan-hemat-budget/